header-int

STIKES BULELENG TELAH MEMILIKI 6 PRODI

Senin, 05 Agu 2019, 01:30:07 WIB - 252 View
Share
STIKES BULELENG TELAH MEMILIKI 6 PRODI

Semangat para orang tua yang sedemikian bersungguh-sungguh menyelamatkan pendidikan anak-anaknya, dengan memanfaatkan segenap peluang, waktu, tenaga dan perhatian adalah bagian dari IQ, EQ, MQ, SQ mereka yang sejati. Ini menyiratkan betapa mulianya peran para pendidik formal dan non formal, para dosen, pelatih dan Pembina sebagai perpanjangan dari peran orang tua, untuk mendidik, membimbing, melatih dan mengantar generasi muda, sehingga menjadi dewasa dan mandiri. Sekali lagi, pendidikan sejati adalah jalan menuju Tuhan yang dinafasi oleh etika, moral, hati, budi pekerti luhur, ahklak mulia yang dilandasi oleh cinta kasih, belas kasihan dan kebijaksanaan. Kuncinya persembahan ilmu pengetahuan lebih mulia dari persembahan materi.

Bagi ketua STIKES Buleleng, Dr. Ns. I Made Sundayana, S.Kep., M.S.i, dengan sebuah rasa kegembiraan mengungkapkan dalam sebuah dialog Selasa, 30 Juli 2019 di ruang Ketua, mengungkapkan lembaga kita telah memiliki 6 prodi, 3 prodi baik S1 farmasi, S1 kebidanan dan Profesi Bidan kita raih dari perjuangan yang tanpa mengenal lelah di tahun 2019, selain D3 Kebidanan, S1 Keperawatan dan Profesi Nurs. Kita sudah mesti bersyukur, namun tidak cukup hanya itu saja, rektorat, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan hendaknya harus mampu membangun lebih cerdas lagi visioner dan hasil kerja yang rohnya adalah tridarma perguruan tinggi.

STIKES Buleleng kedepan sudah berganti potret kerja bersama menuju pada mindset yang pelayannya humanis dan hati. Mindset kita dari 2009 hingga 2017 benar-benar cemerlang, ditengah keterbatasan sarana, infrastruktur, SDM dosen, kita mampu membawa sebuah potret kampus yang cukup cerdas bagi kita, yaitu mampu memperoleh mahasiswa di atas rata-rata yang kita inginkan alias banjir kehadiran mahasiswa setiap tahun ajaran baru.

Di saat memasuki tahun ajaran 2018 dan 2019 kita berbangga infrastruktur sangat memadai, begitu pula LAB, Ruang belajar, Parkir, Sarana lain dan telah sukses juga mendapatkan penilaian akreditasi B, baik lembaga maupun prodi. Justru dengan kondisi tersebut, kita dibuat sedikit tarik nafas karena kehadiran mahasiswa baru yang hadir ke kampus kita jauh dari harapan yang kita inginkan dan terkadang kita harus menterjemahkan isu dengan pohon masalahnya yang tepat. Seiring berjalannya waktu, kita harus memiliki sebuah kemerdekaan bagaimana menjawab tantangan kita untuk kembali pada masa jaya 2009 sampai 2017.

Kita mesti bersyukur sejak tanggal 9 januari 2015, bendera kita telah berkibar menjadi STIKES Buleleng dengan konversi penuh dari STIKES Majapahit yang jangan lagi kita sebut alias kubur benang merah itu.

Peraturan pemerintah Nomer 60 tahun 1999 pasal 58 bagian ke-3 menyuratkan, sekolah tinggi merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional dan atau program pendidikan akademik. Dan keberadaan lembaga STIKES Buleleng sangat eksis dan sukses di lahan praktek, kegiatan sosial, dan penelitiannya di bawah P2M dengan mengacu peraturan pemerintah tersebut.

Kita hendaknya mampu mengucapkan terimakasih pada semua awak lembaga, karena mampu mewujudkan prodi baru S1 Kebidanan, Profesi Kebidanan dan S1 Farmasi dalam sebuah kerja tim yang solid. Saya berkeyakinan, kita sukses mengawal 6 Prodi tersebut dengan SDM yang terus meningkat, yang sepertinya kepedulian diantara kita sudah nampak satu gerak, terbukti sukses dalam kegiatan uji kopetensi, uji akreditasi, penelitian ilmiah dan alumni kita telah mampu memasuki pasar kerja hingga ke Manca Negara. Pertahankan kesolidan kita sehingga mahasiswa memahami arti penting sebuah pembinaan menuju kedewasaan hingga mampu menemukan jati diri sebagai tenaga kesehatan yang profesional.

Sekali lagi kita bangkit dan optimis serta segera introspeksi dengan sebuah pelayanan humanis dan penuh hati yang bukan berarti kita mengalah. Karena di masa sekarang dan yang akan datang pendidikan harus lebih demokratis dalam bentuk memberikan otonomi seluas-luasnya kepada masyarakat. Guru, kurikulum, peserta didik merupakan 3 komponen utama dalam sistem pendidikan nasional. Mahasiswa sebagai unsur perguruan tinggi harus dan sudah di dorong dalam pengembangan dan mendewasakan dirinya untuk menjadi manusia pembangunan yang dapat mewujudkan masa depan dirinya, keluarganya, Bangsa dan Negara yang lebih baik.

Sudah seharusnya kita lembaga STIKES Buleleng terus-menerus mengembangkan iklim yang demokratis, agar dapat mendukung pelaksanaan, kebebasan mimbar akademik serta iklim yang kondusif untuk kreatifitas dan berinovasi. Mahasiswa telah diberi peluang untuk mengikuti kegiatan baik di dalam kampus maupun lingkungan masyarakat di luar kampus. Pembinaan kemahasiswaan telah sedemikian rupa dijalankan, sehingga mahasiswa memiliki media untuk mengembangkan bakat dan minat serta berpotensi dalam berbagai hal, yang dimediasi langsung oleh BEM, HMIK, HIMA di bawah pembinaan wakil ketua 3.

Draft, Strategi dalam menjalankan kebijakan Ketua STIKES Buleleng telah diterjemahkan kepada para Rektorat, Biro, Kaprodi dan struktur lainnya yang terkait. Agar dimohon untuk ditingkatkan secara demokratis, begitu pula pelayanan prima, mari mempermudah yang sulit, jangan mempersulit yang mudah.

Di akhir wawancara, kebanggaan sendiri ketua STIKES Buleleng sulit ditutupi karena perjuangan yang kita peroleh adalah merupakan kerja tim yang sangat solid, inilah peran guru, segala sesuatu sudah saling isi dan memberi. Diajak bicara saat menemui berbagai kesulitan, baik bidang akademik maupun bidang sosial. Ingat, ilustrasi kehidupan di sebuah lembaga pendidikan termasuk STIKES Buleleng adalah merupakan gambaran kehidupan masyarakat yang penuh dinamika. Mari kita berjuang lagi untuk meningkatkan institusi kita menjadi institut. Semoga, pikiran yang baik datang dari segala penjuru untuk sebuah kesuksesan lembaga STIKES Buleleng.


STIKes Buleleng Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng (STIKes Buleleng) diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) Singaraja-Bali. Memiliki 6 Program Studi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Farmasi, Profesi Ners dan Profesi Bidan. STIKes Buleleng beralamat di Jalan Raya Air Sanih Km. 11 Bungkulan
© 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng Follow STIKes Buleleng: Facebook Youtube