header-int

STIKES BULELENG MEWISUDA 270 MAHASISWA TAHUN 2020 Kepala LLDIKTI, DPW, PPNI, IBI, Provinsi Bali, Rohaniawan, Para Orang Tua Wisudawan Beri Atensi Positif

Senin, 05 Okt 2020, 09:22:49 WIB - 15 View
Share
STIKES BULELENG MEWISUDA 270  MAHASISWA TAHUN 2020 Kepala LLDIKTI, DPW, PPNI, IBI, Provinsi Bali, Rohaniawan, Para Orang Tua Wisudawan Beri Atensi Positif

Sadarilah, kesempatan diberikan waktu hidup di alam ini oleh Sang Pencipta, adalah rasa syukur dan memang indah, terkadang muncul seindah warna aslinya. Kita manusia diberikan Tuhan hadiah 100 model pikiran, dua belas "pikiran sadar" sisanya "88 pikiran dibawah sadar". Untuk itu manfaatkanlah alam ini dengan baik yang banyak menyimpan misteri positif yang harus digali guna sebuah kesinambungan menjemput rasa syukur dan keasadaran berlembaga di STIKes Buleleng yang kita cintai ini. Sudah pasti dengan terlatih melahirkan kerja tim, sistem, rumusan kerja menuju kinerja yang hebat, semangat, ikhlas, dalam sebuah kelompok kerja yang solid hingga mampu terwujud versi Wisuda yang diupayakan untuk sukses, selamat, sehat dan mampu menjaga keharmonisan tim. Tidak ada yang kebetulan dialam fana ini, kalau kemungkinan terbuka lebar, tinggal berapa kadar positifnya, tergantung dari mana manusianya melangkah menakar sasaran hidupnya.

Ketua STIKes Buleleng, Dr. Ns. I Made Sundayana, S.Kep.,M.Si, ditengah kesibukan merangkai dan biasa terjun langsung mewujudkan warna lembaga dalam bentuk gaya baru karena kondisi Covid-19. Kegiatan akbar tahunan ini mendapat atensi sangat positif dari Kepala LLDikti, Bapak Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M,Si, DPW, PPNI dan IBI Provinsi Bali, Para Rohaniawan, Para Orang Tua dan Para wisudawan/i sendiri. Ada yang menyebut wisuda versi atau kreasi baru, unik, seni demi selamatnya dari kepungan wabah pandemi Covid-19 yang keseluruhannya termasuk undangan dan keluarga mendekati 1000 orang, jumlah yang fantatis untuk diselamatkan dengan protokol yang ketat oleh panitia yang terlatih dari cuci tangan, penggunaan masker mengatur jarak kerumunan. Dua hari berlaga, Senin dan Selasa, tanggal 28 dan 29 September 2020. STIKes Buleleng mengukir sejarah baru, kreasi baru, versi baru yang menembus masyarakat Bali tentang sukses dan selamat lahir batin serta disiplin dalam wisuda dan pengambilan sumpah Profesi Ners, yang infonya dari para mahasiswa dan keluarganya. Memang memuaskan, memenuhi tuntutan orang banyak bukan perkara gampang, bila gayung bersambut dan selalu bergandengan tangan, tim khusus dan panitia enteng serta ringan kita bekerja menuju sukses.

Ucapan terimakasih yang mendalam bertubi hadir sebagai adat ketimuran oleh sang Pemegang tanggung jawab atau Top manajemen lembaga, baik media sosial dan evaluasi setiap akhir kegiatan yang waktunya hampir mendekati pukul 16.00 Wita dan dilengkapi penekanan-penekanan kedewasaan dalam berkinerja sebagai tanggung jawab khusus dan umumnya. Kondisi, situasi, kenyamanan, keamanan terjamin saat pelaksanaan wisuda tersebut termasuk kebutan infrastruktur sukses dan kelar bisa dimanfaatkan. Sesuatu yang tidak boleh terlupakan, momen ini harus dipertahankan sekaligus ditingkatkan. Sudah waktunya kita mengusir ego secara perlahan, awali dengan komunikasi yang humanis, sima krama yang mencerminkan sesama mahluk Tuhan yang masing-masing telah diberi tanggung jawab, dan hindari merasa diri hebat. Namun Ketua STIKes Buleleng menilai peningkatan kinerja sudah jauh diatas rata-rata dan bahkan ada yang lumayan melambung dalam mencari terobosan untuk mampu mengadopsi ilmu dan menggenggam sertifikat. Harapan kedepan, tidak ada yang kikir dan menyembunyikan ilmu, buka lebar-lebar, tanggung jawabnya ada pada saya, penekanan Ketua STIKes, sehingga kesempatan jangan sampai ada yang tertinggal dengan alasan tidak jelas alias terkatung-katung yang sulit cari ujung pangkalnya.

Pertengahan Oktober 2020, semua dengan tatanan baru, pelayanan terpadu yang prima yang betul-betul satu atap, satu model, yang cepat, tepat dan selesai dengan SMART (Sigap, Menarik, Antosias, Ramah dan Teliti). Nantinya semua akan diuji dalam kerja timnya, seperti PKKMB, menciptakan bengkel kerja (Seminar, Wokrshop, dan Webinar lainnya) yang berdaya guna dan berhasil guna, dan jangan lupa ditindak lanjuti sebagai refrensi, termasuk kesuksesan Wisuda, tinggal menunggu model kerja canggih terpadu dari LPM, LP2M, Biro, Bagian, Prodi, Dosen Pengampu Mata Kuliah dan perlengkapan. Biro BAAK, BUK dibawah PUKET-PUKET sebagai garis komando, harus sudah menguasai dan menuntaskan bidang tugas sebagai tanggung jawabnya, dengan terus konsolidasi diawali komonikasi yang ramah dengan rasa saling memiliki.

Hindari dan berhenti saling mencari kesalahan orang lain, yang sejatinya kita-kita figur-figur petarung untuk memajukan lembaga, diri, keluarga, sekaligus menjawab harapan masyarakat agar kepercayaannya kepada lembaga terus meningkat lanjut diselipkan promosi.

Tentang masukan atau upaya memajukan manajemen ayo kita duduk bareng, karena kepercayaan dan kesempatan peluang kerja sudah saya berikan, tanggung jawabkan tugas itu sebagai "amanah", dalam Planning, Organizing, Actuiting, dan Controling (POAC), namun jangan sampai terjadi hal diluar pemikiran kita, dengan mekanisme sebagai "pengambil kebijakan dan menjalankan kebijakan". Yang telah terlanjur biarkah lewat, anggap sebagai pendewasaan diri, cuma statement dan pemikiran-pemikiran negatif dan berkembang jangan lagi dimunculkan sebelum pribadi-pribadi kita akan mulai hilang harapan sejatinya. Karena lembaga ini memiliki sejarah perjuangan jatuh bangun, hidup mati, dana hukum, pembangunan infrastruktur dan SDM secara menyeluruh. Bila teman-teman yang sedang menempuh Strata 3, beri dukungan, dan yang lain siap-siap nyusul, nantinya kita bergegas nambah Prodi dan membuka Strata dua. Dan bagi tenaga kependidikan yang telah memiliki S2, segera merapat dengan Puket 1 Lanjut ke Prodi seijin saya bisa mencoba dan mulai mengajar guna melengkapi nantinya tuntutan manajemen dari pengusulan Nomor Induk Dosen, Jafung dan bila waktunya mungkin Sertifikasi yang mementingkan sertifikat penelitian dan lain-lain. Sehingga pikiran dan perasaan tidak hanyut alias stres dan terpancing dengan pengaruh negatif, sehigga ngumpul menjadi santapan tambah tidak kontrol diri, sehingga lupa dengan tugas, tanggung jawab, serta tidak sempat merenung sambil bersyukur sekaligus bergumam "Ternyata saya sudah mencapai cita-cita saya, saya sudah mengusai tugas, dan saya telah menjadi yang terhormat, namun siapa, mengapa, apa, dimana, kapan dan bagaimana" kok bisa saya ada dilembaga ini.

Terimalah kesuksesan kita dimasa mendatang, karena penempatan pada bagian seperti LPM, Prodi-Prodi baru sudah oleh SDM yang sesuai dengan tuntutan atau standar/nilai akreditasi, mungkin akan ada penggeseran-penggerseran bila saya pentingkan dalam sebuah "organizing" yang keputusannya hanya ada di "Top Manajemen". Ayo berpacu melangkah, prodi Ners, tanggal 17 dan 18 Oktober 2020 punya gawe menyelenggarakan UKOM Ners Nasional yang jumlahnya fantantis, 103 orang dari mahasiswa kita, 2 orang dari daerah Kupang, yang tanggal 30 September dan 1 Oktober 2020 telah digodog dalam Trik dan Tips Uji Kompetensi yang instruktur atau pakarnya dari AIPNI Pusat

Mari sadari pengetahuan adalah kualitas dari jiwa, untuk itu carilah pengetahuan itu menjalani pengalaman dengan tujuan yang benar, dengan konsentrasi dan pengabdian. Tuhan sudah menyiapkan balasan diluar dari orang yang kita bantu sudah pasti ketenangan dan kedamaian. Seperti contoh "warna", Warna bukanlah kualitas "alami" dari "pakaian", itulah kenapa "warna" terlihat damar didepan "matahari". carilah pengetahuan itu sekaligus menjalani pengalaman dengan tujuan yang benar dengan "pengertian nilainya", pasti kualitas dalam bidangnya, dan hindari pengetahuan itu untuk bersaing dan bersanding dalam saling isi dan memberi sesama seperjuangan dan sepenanggungan.

"Bekerja, bekerja dan Bermimpi, Belajarlah, ketika orang lain tidur, Bekerjalah, ketika orang lain bermalasan, Bermimpi, ketika orang lain berharap" (Willian Award). Kebanggaan kita yang terbesar adalah "bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kita jatuh”. (Confu Sius).


STIKes Buleleng Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng (STIKes Buleleng) diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) Singaraja-Bali. Memiliki 6 Program Studi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Farmasi, Profesi Ners dan Profesi Bidan. STIKes Buleleng beralamat di Jalan Raya Air Sanih Km. 11 Bungkulan
© 2020 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng Follow STIKes Buleleng: Facebook Youtube