header-int

LEBIH DARI 120 ORANG ALUMNI PERAWAT NERS MENGIKUTI UKOM DI LEMBAGA STIKES BULELENG

Rabu, 04 Des 2019, 12:00:26 WIB - 6 View
Share
LEBIH DARI 120 ORANG ALUMNI PERAWAT NERS MENGIKUTI UKOM DI LEMBAGA STIKES BULELENG

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan, gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktifitas dalam kurun waktu tertentu. Diyakini strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh penikmat masa depan. Termasuk kegiatan UKOM hari ini sabtu 19 Oktober 2019 oleh Pemerintah Pusat (AIPNI), yang diawali dengan pembekalan tentang pelaksanaan UKOM tersebut dan dilaksanakan di lembaga STIKES Buleleng jalan Raya Air Sanih km 11 Bungkulan Singaraja.

Dari Kampus Dua STIKES Buleleng jalan Raya Air Sanih Singaraja, Dr. Ns. I Made Sundayana S., Kep. M. Si., menginformasikan bahwa multikegiatan Mahasiswa, baik akademik maupun nonakademik dan Unit Kegiatan Mahasiswa termasuk budaya, seni, adat, serta agama sangat layak diselenggarakan di lembaga STIKES Buleleng yang telah memiliki SBCC (STIKES Buleleng Convention Centre) dan kelengkapan sarana lainnya. Semua ini terwujud dari pengalaman, inspirasi dengan sebuah rencana yang matang dan masterplan yang disiapkan, sekaligus menyikapi bimbingan dan pembinaan dari Kepala LLDIKTI Wilayah Delapan.

Dengan sebuah kegembiraan hati yang mendalam penuh semangat Dr. Sundayana menyatakan bahwa hari ini sekitar 120 orang lebih perawat Ners yang merupakan alumni STIKES Buleleng mengikuti UKOM periode oktober 2019. Ini sebuah ciri membangun dan memunculkan kekuatan SDM di lembaga tinggi STIKES Buleleng, karena ini merupakan kemampuan ketenaran yang sudah pasti memiliki nilai tawar.

Kali ini Dr. Sundayana sepertinya sudah tidak ragu lagi akan kemampuan awak lembaganya, karena event-event nasional termasuk UKOM hari ini sabtu 19 Oktober 2019 terlaksana dengan cerdas, namun pengawasan perlu dilakukan sebagai evaluasi untuk sebuah kesempurnaan dan lulusan yang terus meningkat prestasinya. Karena keberadaan pendidikan tinggi keperawatan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Wajar Sang Kaprodi profesi Ners keperawatan dan timnya terus meningkatkan diri dengan kesungguhan hati demi tercapainya lulusan yang 100 %.

Hal ini diakui oleh Dr. Sundayana yang telah mengikuti rapat anggota AIPNI Pusat Tahun 2019 di EL Hotel Royale Bandung tanggal 10-12 oktober 2019. Sekaligus penyerahan sertifikat CBT Center sesuai dengan standar kelayakan UKOM Nasional dan mendaptakan nilai rata-rata terbaik rangking 3 dari 100 peserta tahun 2018 di wilayah regional 10 (Bali, NTB, dan NTT) serta rangking 1 tahun 2019, regional 10 peserta 10-40. Kegiatan tersebut didampingi pula oleh Puket 1 STIKES Buleleng.

Disadari pula oleh DR. Sundayana, untuk memberikan jaminan kepada masyarakat, bahwa layanan keperawatan yang diberikan oleh perawat yang kompeten, maka perlu dibuktikan melalui uji kompetensi yang dilakukan oleh lembaga yang berwewenang. Maka dari itu setiap lulusan baru harus mengikuti uji kompetansi. Nah… sertifikat kompetensi adalah syarat untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR). Dan STR merupakan persyaratan bagi tenaga perawat untuk melakukan praktik di tatanan layanan kesehatan di seluruh Indonesia baik mandiri maupun kelompok.

Lembaga STIKES Buleleng telah berupaya menyikapi semua ini dengan mendatangkan pakar dalam menyikapi strategi hal ini, termasuk mengundang Kepala Bidang Uji Kompetensi AIPNI Pusat, Bapak I Made Kariasa, S.Kep, MM, M.Kep, Sp.KMB, PG Cert. Salah satu kalimat beliau yang cerdas, “semangat belajar itu penting akan membawa hasil yang memuaskan. Apa yang kita pelajari fokuskan saja, agar karma menghasilkan pahala yang baik.”

Para perawat terus semngat dan optimis bisa berhasil dengan motivasi belajar yang tajam untuk sukses. Singkirkan kecemasan dan ketakutan agar tidak dijemput oleh kegalauan kalian. Lembaga dan jajaran sudah berupaya, kalianlah yang positif menyapanya dengan tangan terampil para Rektorat Kaprodi Biro, dan Dosen Pengajar/ Pembimbing serta tenaga kependidikan lainnya. Teruslah berkompetensi.


STIKes Buleleng Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng (STIKes Buleleng) diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) Singaraja-Bali. Memiliki 6 Program Studi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Farmasi, Profesi Ners dan Profesi Bidan. STIKes Buleleng beralamat di Jalan Raya Air Sanih Km. 11 Bungkulan
© 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng Follow STIKes Buleleng: Facebook Youtube