header-int

KETUA STIKES BULELENG PUJI KOMPETENSI PUTU DIAN PRIMA KUSUMA DEWI., S.ST., M.KES ( YANG MAMPU MENJAD

Rabu, 31 Jul 2019, 12:23:36 WIB - 86 View
Share
KETUA STIKES BULELENG PUJI KOMPETENSI PUTU DIAN PRIMA KUSUMA DEWI., S.ST., M.KES ( YANG MAMPU MENJAD

Tokah pendidikan “FULLAN’ memberi arti bahwa kompetensi lebih cenderung apa yang dilakukan seseorang atau masyarakat, bukan pada apa yang mereka ketahui ( what people can do rather than what they know). Lain lagi Spencer and Spencer, mengartikan kompetensi sebagai karakteristik yang menonjol dari seseorang individu yang berhubungan dengan kinerja efektif  atau superior dalam suatu pekerjaan atau situasi.

Bagi Putu Dian Prima Kusuma Dewi., S.ST., M.Kes, seorang dosen dan juga Ka. Prodi D3 Kebidanan Stikes Buleleng, bangga diberikan kesempatan oleh bapak Ketua Stikes Buleleng untuk tampil dalam ajang seleksi dosen berprestasi tingkat LL DITKTI WILAYAH VIII Tahun 2019 Di Denpasar yang berlangsung tanggal 29 Juli 2019 di Ruang Arjuna sekaligus menjadi pemenangnya menyisihkan beberapa pesaing dosen dari perguruan tinggi lainnya.

Kebahagiaannya sulit di sebunyikan, di samping bangga ini kesempatan yang berharga dalam hal mencintai lembaganya. Karena cinta bisa berubah menjadi rasa setia melalui pengabdian. Cintapun bisa sirna, saat tidak ada rasa pengabdian. Mengelola pikiran adalah sebuah seni yang tidak banyak ditemukan seseorang, bila tidak ada usaha coba,coba, dan coba lagi, (Try and Error). karena pikiran mendua atau pikiran terbagi adalah sumber dari ketakutan dan penderitaan.

Ketua Stikes Buleleng Dr. Ns. Made Sundayana.,S.Kep.,M.si memberikan pujian kepada Putu Dian Prima Kusuma Dewi., S.ST., M.Kesuntuk pertama kalinya khusus seleksi dosen berprestasi 2019 ditingkat LL DIKTI WILAYAH VIII dan sukses memperoleh kemenangan gemilang untuk sebuah  nama besar lembaga Stikes Buleleng. Dr. Sundayana memberi ketegasan, seseorang yang dikatakan kompeten di bidang tertentu adalah seseorang yang menguasai  kecakapan kerja atau keahlian yang selaras dengan tuntutan bidang kerja yang bersangkutan.

Mari bangkit yang diikuti oleh para dosen dan tenaga kependidikan dalam bentuk kompetensi yang lainnya yang berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perjalanan memcapai kesusksesan ini bukan perkara mudah, karena melalui kriteria yang cukup ketat disamping itu harus,memiliki karya prestasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, karya tulis unggul,daftar karya Tri Dharma Perguruan Tinggi, Karya tulis ilmiah, karya Seni, karya tulis ilmiah diskripsi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, penyajian karya Ilmiah, dan pengungkapan ide atau gagasan pada sebuah diskusi kelompok.

Dr. Sundayana berharap, memang bila telah mampu memiliki kesadaran, ketenangan, dan keyakinan dalam suatu usaha, inilah sebuah optimisme atau kecintaan akan tugas dan terkadang telah menjadi hobi, karena pengetahuan merupakan hukum alam dan juga hukum sosial.  Sehingga mampu memahami akan arti penting sebuah proses yang harus dilalui , dengan selalu berinteraksi pada pembentukan sistem (Sinergi) dan selalu berupaya menjaga sistem yang telah dibentuk.

Mungkin dari sini Dian Prima Kusuma Dewi  melahirkan sebuah kesadaran, keyakinan, dan berusaha menjadi pemenang dalam sebuah seleksi yang tidak mudah dan ketat. Inilah prestasi gemilang bagi Dian Prima Kusuma Dewi, Lembaga, untuk menggenggam tangan Bapak Presiden Indonesia Jokowi Dodo saat para warga negara yang memiliki prestasi  unggul dalam tingkat tertentu untuk diundang ke Jakarta dalam perayaan HUT RI Ke 74.

Benar juga penekanan  pembinaan Dr. Sundayana, ketangguhan pribadi muncul ketika seseorang berada pada posisi atau dalam keadaan telah memiliki pegangan prinsiphidupsehingga tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang berubah dengan cepat, dan ia tidak menjadi korban dari pengaruh lingkungan yang dapat merubah prinsip hidup atau cara berfikirnya. Untuk itu para orang bijak mengatakan tiga langkah menuju sukses yaitu ; memiliki mission statement, memiliki metode pembangunan  karakter ( seperti taat kepada tuhan ) dan memiliki kemampuan pengendaliaan diri, yang akhirnya kita menenmukan bahagia. Bahagia adalah tempat yang paling indah ( inilah Implementasi dari EQ dan SQ)

Segera vibrasi dan tularkan dengan para dosen lain untuk persiapan seleksi tahun 2020 dan rindulah dengan segudang prestasi guna menjadi pemenang, karena prestasi adalah subuah kerinduan dan kebahagian diri serta lembaga untuk menjadi lebih besar dan lebih beken lagi, di tengah persaingan yang ketat dari segala lini ; pahami itu dan yakinkan kita bisa dalam sebuah corong yang cerdas dan terdengar dimana mana.

Di bagian akhir pujian Dr. Sundayana selalu memberi inspirasi dan mengingatkan, untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap kampus tercinta kita jangan terlihat lengah, satukan visi, misi, tujuan dan munculkan  strategi jitu. Dr. Sundayana menyitir beberapa kutipan, seperti kutipan dialog Presiden RI Pertama saat menjamu tamunya Presiden Amrerika Serikat Jhon. F. Kennedy dalam sebuah kesempatan yang sepertinya saling balas pantun dikala dialog khusus dari hati ke hati. Kennedy mengungkapkan kata ; “ jangan tanya apa yang pernah negarmu berikan kepadamu, namun tanyalah pada dirimu, apa yang telah kamu berikan apa negaramu  ? “ Soekarno pun berucap “ Beri aku 10 pemuda/pemudi yang tangguh dan cerdas lahir batin untuk membangun Indonesia tercinta.”  Para tokoh lain juga berucap“Beri aku guru yang baik, mesikipun dengan kurikulum yang kurang baikpun, akan menghasilkan lulusan yang terbaik. Beri aku hakim yang baik meskipun dengan undang- undang dan hukum yang kurang baikpun, akan menghasilkan keputusan yang jujur atas nama Tuhan.”

Arti kuncinya adalah mari kita menumbuhkan kesadaran bersama, sudah waktunya kita melangkah dengan visioner yang pasti dan menggenggam sebuah hasil kerja/kinerja, singkirkan rasa apatis untuk sebuah kemajuan dan kesejahteraan kita bersama. Sukses Putu Dian Prima Kusuma Dewi dan sukses kita bersama yang terus ditingkatakan mulai hari ini menjawab tuntutan masyarakan yang berasaskan sistem Pendidikan Nasional yang telah diundangkan.

 Sedikit kita tuliskan Kutipan Bhagvangita 03.17-24 sebagai berikut ;

Berkaryalah dengan penuh semangat,

Dan raih kesempurnaan hidup,

Berkaryalah sepenuh hati tanpa beban dan rasa khawatir


STIKes Buleleng Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng (STIKes Buleleng) diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) Singaraja-Bali. Memiliki 6 Program Studi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Farmasi, Profesi Ners dan Profesi Bidan. STIKes Buleleng beralamat di Jalan Raya Air Sanih Km. 11 Bungkulan
© 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng Follow STIKes Buleleng: Facebook Youtube