header-int

KEPALA LLDIKTI WILAYAH VIII TAMPAK MESRA DENGAN KETUA STIKES BULELENG DALAM ACARA PENYERAHAN SALINAN SK MENRISTEK DIKTI., IJIN PEMBENTUKAN PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN.

Jumat, 09 Agu 2019, 10:49:09 WIB - 116 View
Share
KEPALA LLDIKTI WILAYAH VIII TAMPAK MESRA DENGAN KETUA STIKES BULELENG DALAM ACARA  PENYERAHAN SALINAN SK MENRISTEK DIKTI., IJIN PEMBENTUKAN PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN.

Salah satu isi Materi Keputusan Mentri kesehatan RI NO 369/MENKES/SK/III/2007., Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting terutama dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kesakitan Kematian Bayi (AKB). Bidan memberikan pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna berfokus pada aspek pencegahan, promosi dengan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat bersama –sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk senantiasa siap melayani siapa saja yang membutuhkannya, kapan dan dimanapun dia berada. Untuk menjalani kualitas tersebut diperlukan suatu standar profesi sebagai acuan untuk melakukan segala tindakan dan asuhan yang diberikan dalam seluruh aspek pengabdian profesinya kepada individu, keluarga dan masyarakat, baik dari aspek input proses dan aoutput.

Begitu tugas seorang bidan yang menjamin pelayanan dengan aman dan berkualitas yang selalu berangkat dari sebuah landasan guna peningkatan standarisasi dan perkembangan profesi, alias terus berpacu dan kualitas dalam pelayanan prima guna menuju sebuah kesuksesan

Inilah merupakan pola pikir dan sugesti Ketua STIKes Buleleng Dr.Ns. I Made Sundayana S.Kep,.M.si memompa kemampuan awak lembaga khususnya prodi kebidanan untuk mampu membentuk Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Profesi Kebidanan dan syukur membuahkan hasil yang sangat menggembirakan

Dengan turunnya SK. MENRISTEKDIKTI, No 631/KPT/2019 Tanggal 26 Juli 2019 tentang Ijin Pembentukan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan. pada Stikes Buleleng, disamping kita lembaga harus bersyukur hendaknya kita harus lebih serius lagi meningkatkan diri dalam mengawal keberadaan sekaligus bergegas lagi menuju sebuah lembaga Institut.

Dr. Sundayana mengucapkan terima kasih kepada awak lembaga khususnya Puket I dan Prodi Kebidanan beserta jajarannya, karena kerja kerasnya telah membuahkan hasil ditengah peluh keseriusan kerja. Matangkan, agar terus meningkat seraya menjawab pujian kepala LLDIKTI Wilyah VIII Bapak Prof. Dr I Nengah Dasi Astawa., M.Si, bahwa kita memiliki kinerja yang solid tanpa menyerah meskipun kampus kita didesa dan meliyuk kedalam, namun mampu exsis dan ditempati oleh para mahasiswa dari 17 Provensi termasuk Papua dan Kalimantan

Kemesraan dua pimpinan lembaga ( LLDIKTI dan KETUA STIKes Buleleng ) perlu kita apresiasi dan teladani karena kebersamaan itu mampu dan sukses menterjemahkan sebuah tujuan di tengah perbedaan di antara kita. Dr, Sundayana tak mau kalah untuk membalas pujian LLDIK Wilayah VIII, beliaupun memuji kinerjanya karena dilembaga tersebut ( LLDIKTI) telah diterapkan sistem kerja WBBM ( Wilayah Birokrasi Bersih Melayani), ada juga yaitu. Zona integritas,(ZI), sebuah predikat yang diberikan instansi pemerintah dan jajaran yang berkomitmen meningkatkan pelayanan, melalui Birokrasi dalam hal ini peningkatan kualitas pelayanan publik yang muara / sasarannya adalah manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan system manajemen SDM., penguatan akuntabilitas kerja, penguatan pengawasan, dan WBK ( Wilayah Bebas Korupsi) bagi pelayanan awak lembaga.

Tantangan kedepan bagi, Dr. Sundayana, para kaprodi yang terpilih dari hak prerogratip ketua, hendaknya kaprodi mampu mentranspormasi dalam pengelolaan Prodi, terbangunanya system kepepmimpinan yang berbasis prinsip demokrasi dan kolegial didalam prodi, begitu pula harus memiliki latar belakang karakter, serta kemampuan organisasi dengan para dosen yang cukup beragam, komunikasi dan kordinasi antar unit kerja yang semakin baik, menyusun agenda kerja dan pengembangan prodi dilakukan secara berkala, siap menerima, mengkaji, mendemokrasi, dan mengevaluasi dan semua masukan serta banyak lagi potensi kerja termasuk rendah hati sesuai tuntutan Undang – Undang.

Hal ini ditekankan karena dalam keputusan tersebut masih ada point –point yang harus dikerjakan, dijawab dan kirim secepatnya seperti point ke 3 disuratkan., STIKes Buleleng wajib :

  1. Mengajukan Akreditasi ulang terhadap program studi
  2. Memenuhi standarnasional pendidikan Tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang –undangan.
  3. Melaporkan hasil penyelenggara program studi sebagai mana dimaksud., paling lambat 1 bulan setelah akhir setiap semester kepada mentri. Point ke 4, Ketua STIKes Buleleng wajib menandatangani surat pernyataan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan, sesuai dengan perundang –undangan dan menanggung semua akibat, apabila dilakukan pencabutan ijin pembukaan program studi setelah dinyatakan tidak layak berdasarkan hasil evaluasi. Point ke 5 apabila STIKes Buleleng tidak melaksanakan kewajibannya dimana yang dimaksud, akan dikenai sanksi adminitratif sesuai dengan ketentuan perundang –undangan.

Mari kita sikapai tugas dan PR tersebut sebagai sebuah pembenahan diri kita bersama dengan semangat berpikir positif sekaligus menghilangkan karat yang menyelimuti pikiran kita ibarat plumas yang akan memoles jiwa kita, dan memacu antosiasme kita untuk menjalani hidup. Karena masih banyak kelihatan, sepertinya keliru memahami tentang kebahagian orang yang sesungguhnya, namun yang jelas kebahagian itu tidak didapat dengan kepuasan diri, tetapi dengan kesetian pada tugas dan tujuan, ( menyitir pendapat Helen keller)

Selamat dan sukses lembaga STIKes Buleleng sudah waktunya kita menyingkirkan debu yang melekat pada diri kita, raih kemerdekaan diri, kemerdekaan kerja sekaligus rasa syukur dalam menyambut HUT Kemerdekaan Tanah Pertiwi Republik Indonesia yang ke 74 dengan kerja keras, cerdas, tuntas, dan suskes. Satukan langkah kita dalam wujud kesuksesan yang telah memiliki, 6 Prodi, kesuksesan para awak lembaga dalam peningkatan strata pendidikan Dosen, penelitian oleh P2M Lomba lomba sesuai dengan bidangnya dan suksesnya Ibu Putu Dian Prima Kusuma Dewi S.ST., M.Kes yang mampu sukses meraih menjadi dosen berprestasi di LLDIKTI Wilayah VIII tahun 2019.


STIKes Buleleng Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng (STIKes Buleleng) diselenggarakan oleh Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) Singaraja-Bali. Memiliki 6 Program Studi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, S1 Farmasi, Profesi Ners dan Profesi Bidan. STIKes Buleleng beralamat di Jalan Raya Air Sanih Km. 11 Bungkulan
© 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng Follow STIKes Buleleng: Facebook Youtube